Tuesday, September 29, 2015

Hal Yang Mesti Diperhatikan Saat Pergi ke Tempat Jual Velg Mobil



Jika Anda ingin memodifikasi tampilan mobil Anda, maka salah satu bagian yang mesti Anda beri ubahan adalah velg. Kini, untuk melakukannya tidaklah terlalu sulit karena ada banyak sekali tempat yang jual velg mobil dengan berbagai kualitas. Bagi Anda yang masih bingung dalam memilih velg untuk mobil Anda, berikut kami berikan sedikit panduan yang semoga dapat membantu Anda dalam menentukan dan memilih produk velg aftermarket yang tepat untuk mobil kesayangan Anda.

Jika Anda ingin mencari tempat jual velg mobil, maka sebelumnya Anda harus mengetahui jenis – jenis velg mobil yang ada di pasaran. secara umum, velg bisa digolongkan menjadi dua jenis berdasarkan kualitasnya, yaitu velg mobil original dan replica. Velg replica adalah produk velg mobil yang mengusung nama atau brand terkenal akan tetapi dengan kualitas di bawah produk original. contohnya saja velg dengan merek Enkei. Velg Enkei yang asli diproduksi oleh perusahaan Jepang sedangkan produk replikanya bisa dibuat oleh perusahaan lain di luar jepang, misalnya Taiwan atau Thailand. Kualitas velg mobil Enkei yang asli dan replica sangat jauh berbeda, karena produk asli bobotnya sangat ringan sehingga tidak membebani mobil sedangkan produk replikanya cukup berat karena terbuat dari bahan besi. Meski begitu, tidak ada salahnya memilih produk velg replica terutama jika yang Anda butuhkan hanya perubahan tampilan saja karena harga velg mobil original harganya bisa mencapai puluhan juta rupiah sedangkan replica hanya berkisar antara 3 hingga 5 juta rupiah tegantung kualitas dan tempat jual velg mobil yang Anda kunjungi.

Memilih ukuran velg yang tepat menjadi tugas selanjutnya yang harus dilakukan saat pergi ke tempat jual velg mobil. Velg hadir dalam diameter yang sangat beragam, mulai dari 13 inchi hingga lebih dari 24 inch. Diameter velg untuk mobil berjenis sedan biasanya berkisar antara 14 hingga 19 inchi, akan tetapi diameter tersebut bisa lebih besar pada sedan berukuran lebih besar. Jika Anda ingin menaikkan diameter velg Anda, sangat dianjurkan agar penambahan diameter tidak lebih dari dua inchi dari diameter standar. Misalnya velg standar mobil Anda 15 inchi, maka sebaiknya jangan memilih velg yang diameter lebih besar daripada 18 inchi. Hal itu karena diameter velg yang terlalu besar akan membuat velg menyentuh bibir fender dan sangat berbahaya.

Pastikan pula bahwa ukuran PCD velg aftermarket yang Anda beli sama dengan PCD velg standar. PCD adalah jarak baut pada velg dan biasanya setiap mobil berbeda – beda. Anda bisa menanyakannya saat pergi ke tempat jual velg mobil. Terakhir, pilihlah model atau desain velg yang sekiranya cocok dengan konsep tampilan yang Anda inginkan.

No comments:

Post a Comment